ARM vs x86

https://i1.wp.com/www.brightsideofnews.com/ThumbL.aspx

Sebelum lompat ke inti permasalahan…..Ada baik nya saya bertanya kepada anda……Anda tau apa itu ARM dan x86???…..Well….Kalo anda belom tau apa itu ARM sama x86 ada baiknya anda ber-wikipedia-ria sebelum melanjutkan membaca artikel ini……

Nah….mulai dari general-problem nya aja ya….kenapa ngeributin si ARM sama si x86…..well….karena kebanyakan orang pada salah-kaprah sama teknologi prosesor jaman sekarang yang sebenernya udah ada dari jaman dulu…..

Mungkin kalian pernah denger ada tablet yang spek nya udah tingkat super dewa….misalnya Processor ARM Cortex-A9,RAM LPDDR2 1GB, GPU PowerVR 543MP2, layar IPS panel touchscreen 1920×1080 pixel, gorilla glass, USB OTG, HSDPA, HSUPA, LTE dan omong kosong lain yang anda tidak mengerti……dan salah satu teman anda atau bahkan anda berpikiran “wahh…..spek segini udah bisa install windows 7 nih….” atau yang berpikiran agak waras mikir kaya gini “wah….kalo windows 7 ga muat lah di memory 8GB”(bagi yg tablet nya punya flash memory 8GB, ga tau kalo tablet nya 16, 32, atau 64GB)…..

Nah…..disini lah bodoh nya anda dan juga saya……KENAPA GALAXY TAB GA PAKE WINDOWS??? IPAD+TRANSFORMER+ICONIA+MEDIAPAD+TABLET DAN KAPSUL SERTA PUYER LAIN JUGA GA PAKE WINDOWS??? Tapi mereka malah pake iOS, Android dan lain2…..

Masalahnya cuma 1….yaitu prosesor mereka ber-type ARM…..terus??? Apa masalahnya sama ARM??? Masalah nya adalah ARM adalah prosesor type RISC…..sedangkan Windows…..di program untuk beroprasi di lingkungan x86, yang mana x86 itu sendiri adalah prosesor type CISC…….

Trus??? Apa masalahnya kalo beda kaya gitu???…..gini nih….kalo ga nurutin saran ber-wikipedia-ria di awal post tadi…..RISC itu singkatan dari Reduced Instruction Set Computing…….kalo CISC itu singkatan dari Complex Instruction Set Computing……dari nama aja udah kelihatan kan???? Intinya : prosesor ARM adalah prosesor yang menggunakan perintah sederhana, sedangkan prosesor x86 adalah prosesor yang menggunakan perintah rumit…..dimana keduanya tidak binary compatible, bahasa kasarnya “program nya gak sama”…….

Di benak anda pasti berkecamuk “gak sama gimana sih?? Sama-sama dualcore juga……sama-sama 1ghz juga……udah sama nih sama Intel atom…..“well….seperti yang saya udah bahas tadi….2 type prosesor tadi berbeda dalam “bahasa”…..disini saya kasih “pengandaian” perbedaan 2 prosesor tersebut……misal…..si prosesor dikasih tugas menghitung 2⁴=? Maka si ARM akan mengartikan perintah 2⁴ tadi sebagai 2*2*2*2….dimana sekali perhitungan 2*2 akan memakan 1 clock-cycle prosesor tersebut……sedangkan si x86 akan mengartikan 2⁴ sebagai 2^4…..dan operasi 2⁴ dapat di selesaikan hanya dengan memakan satu kali clock-cycle prosesor…….disini diperoleh perhitungan kasar bahwa ARM 4x lebih lambat dari pada x86 dengan catatan, mereka bekerja di clock yang sama(sama-sama 1GHz misalnya)……catatan : perhitungan diatas adalah ngawur dan tidak.boleh dijadikan rujukan dalam penelitian, makalah, atau kejadian & keadaan apapun….

dalam real-world-situation nya, keadaan bisa lebih buruk…..karena instruction set x86 yang begitu beragam, bukan tidak mungkin 1 instruksi x86 baru bisa diselesaikan dengan 100x instruksi ARM…..(saya sendiri bukan insinyur, jadi agak kurang paham masalah ini)…..selain itu tingkat kerumitan arsitektur x86 memberi jarak yang makin jauh antara kedua nya…..

Pernah saya membaca suatu situs……yang bilang bahwa 1GHz Snapdragon Processor(ARM) itu setara dengan 100MHz Intel MMX (jaman sebelum pentium)….saya lupa situsnya, jadi jangan ditanya ya🙂 …… sedangkan sekarang (08/05/2012)prosesor Intel udah udah sampe Ivy Bridge Hexacore(6inti-hyperthreading jadi total ada 12, bahkan rumor udah ada yang 8 real core artinya 16 core kalo ada hyperthreading) dengan clock 4Ghz…..sedangkan prosesor ARM baru quad core 1,5 GHz(nVidia Tegra 3 dan Qualcomm Snapdragon S4)…..

Dan baru-baru ini ada kabar Windows 8 versi ARM……yang saya tau…..dari baca-baca forum juga……Windows versi ARM ini tidak binary-compatible dengan Windows versi x86. Jadi, para developer harus buat 2 aplikasi…..satu untuk ARM, dan satu lagi untuk x86……dan gak bisa jalanin aplikasi yang udah dibuat untuk x86…..well….ga semua sih……aplikasi berbasis .net framework masih bisa jalan katanya…..

Kita liat aja kedepannya gimana…..yang penting, apapun hasilnya, bakal menguntungkan kita sebagai end-user.

Tagged: , , , , , ,

12 thoughts on “ARM vs x86

  1. bayu.stw@kaskus May 26, 2012 at 3:57 pm Reply

    lengkap banget mas makasi y, pinter banget deh ngasih taunya. pertamanya gatau jadi tau. mkshiya, Jempol 4 deh wat kamu ^^

    • rakainfantri July 1, 2012 at 12:19 am Reply

      He he he….makasih gan….sekedar iseng dan berbagi🙂

  2. ogen July 26, 2012 at 10:43 am Reply

    Nice info gan. Ane jga ru tau . . . . . 8 jmpol dah gan bwt artkel’na (mnjm jmpl adk ane)

  3. Windows November 5, 2012 at 10:53 pm Reply

    udah ada windows 8 gan -_- Jana Kok Di ARM
    but overall good (y)

    • rakainfantri November 9, 2012 at 11:29 am Reply

      arikel ini kan dibuat sebelum ada win8 gan…..

  4. gepeng November 28, 2013 at 8:47 pm Reply

    RISC kaya arsitektur minim instruksi set
    CISC minim arsitektur kaya instruksi set

    • rakainfantri November 29, 2013 at 9:41 pm Reply

      Maksudnya masbro??? Ada penjelasan lebih lanjut???

  5. Sofier October 6, 2014 at 6:38 pm Reply

    Artikel anda terbantahkan dengan gadget2 yg keluar saat ini besutan Intel, dan mereka memakai prosesor dgn arsitektur x86…hehehe, tak ada yg tak mungkin di dunia tekno

    • rakainfantri April 16, 2015 at 9:52 am Reply

      Pas build android dari sourcr tinggal pilih targetnya, mau arm atau x86. Ya emang terbantahkan skrng

  6. galuh April 25, 2015 at 12:08 am Reply

    sebenere konsepnya agak melenceng sih, ARM/RISC dibuat dengan konsumsi daya sekecil mungkin, sedangkan x86/CISC dibuat lebih pandai tapi dengan konsumsi daya yang irit juga. Hasilnya bagaimanapun x86 masih lebih boros dibanding ARM.

  7. orang June 25, 2016 at 5:09 am Reply

    Tapi kalau android x86 gamenya agak sulit lebih banyakan arm

    • rakainfantri July 19, 2016 at 1:11 pm Reply

      Yup… contohnya sekarang pokemon go yg lagu booming ga(belum) bisa jalan di device x86

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: