Panduan Memilih VGA (Graphic Card)

Banyak orang di indonesia(mungkin anda salah satunya), termasuk orang-orang yang selalu melihat kekuatan sebuah VGA card dari besaran video-ram yang dimiliki vga tersebut. Contoh dari kasus ini saya analogikan dalam sebuah percakapan berikut ini

A : Hoy bro, apa kabar???
B : Baek bro…..eh….main ke rumah gue yok, gw baru ngerakit PC neh
A : Ah, sombong loh bro….ngomong-ngomong, prosesornya apa???
B : Intel Core-i3 bro…..
A : Cakep….kalo ram nya???
B : DDR3 bro, 4 giga lagi.
A : Mantab, VGA nya??? Kece dong???
B : So pasti…..nVidia….1 giga lagi…..
A : Mantab….test Crysis donk
B : ayok, siapa takut???!! Makanya kan gue ajak ke rumah tadi…..

Singkat cerita, si A dan si B meluncur ke rumah si A, dan nge test game fenomenal Crysis di rumah si B. Setelah sekitar 30 menit, si A & B pun ter heran-heran dengan hasil yang di mereka dapatkan, hasil nya SANGAT MENGECEWAKAN. Frame per second yang di dapat hanya 30an, dengan seting medium, pada resolusi 1366 x 768. Udah cek task manager, gak ada proses yang terlalu membebani…..jadi VGA lah yang salah……ternyata si B membeli vga nVidia GT 220 1GB…..

Jadi apa masalahnya??? nVidia jelek gitu??? Eits….tunggu dulu bro….. inilah akar semua kebodohan……si B hanya melihat “giga byte” dari VGA tersebut, padahal, V-Ram tidak bisa dijadikan patokan kecepatan dari sebuah VGA……andaikan…..ada komputer, prosesornya pentium 3, di pasangkan dengan RAM sebesar 16GB, apakah menjadi jaminan bahwa komputer tersebut menjadi cepat???

Jadi, langsung aja kita bahas gimana cara membeli VGA yang tepat. Sebenarnya, ada beberapa faktor penentu kinerja VGA, antara lain jumlah core, core clock, tipe memory, dan besaran memory. Jumlah core dan core clock biasanya tidak tercetak pada kotak-dus dari si VGA, maka dari itu tidak usah kita bahas. Selanjutnya adalah tipe memory, seperti memory RAM pada umumnya, VGA card menggunakan tipe memory DDR, ada DDR 1, DDR 2 DDR 3 dan GDDR5, semakin besar DDR nya, semakin cepat, tapi, komputer saya masih DDR 2, bisa gak make VGA GDDR 5, tenang, selama masih menggunakan port PCI-Ex mau sampe GDDR 999999 pun masih bisa dipasang di komputer anda, intinya
DDR < DDR2 < DDR3 < GDDR5
(makin ke kanan, makin cepat)

Sebenarnya penjelasan di atas hampir tidak perlu, kita cukup melihat seri dari VGA tersebut. Yang pertama nVidia, merk ini memiliki sistem penamaan tiga digit ditambah awalan yang memperjelas “kasta” yang disandang VGA tersebut, saya beri contoh :

GT 610
GTS 640
GTX 690
(GT/GTS/GTX) adalah penentu

kasta, angka 6 adalah generasi (sebelumnya ada generasi 5,4,3,2,1), angka kedua adalah penjelas kasta dan angka 0 terakhir adalah kasta yang lebih “spesifik”.
Intinya:

GT < GTS < GTX
(makin ke kanan, makin cepat)

Sedangkan untuk angka pertama, dapat dipastikan, makin besar, makin baru
Misal :

4XX < 5XX < 6XX
(Makin kekanan makin baru)

Sedangkan angka kedua adalah hal YANG HARUS ANDA SANGAT PERHATIKAN Karena sudah sangat jelas, disini lah kasta sebuah VGA di tentukan

1 < 2 < 3 < 4 < 6 < 7 < 8 < 9
(Makin ke kanan, makin cepat)

Untuk nVidia sudah jelas ya??? Jadi kalo ada 2 pilihamn VGA, antara GT420 1GB, atau GTX460 768MB. tentukan pilihan dengan pasti, pilih sang GTX….. jangan mau dibodohi dengan VRAM yang lebih besar. Tapi kalo ada 2 pilihan, GTX 560, atau GTX 660, pilih GTX 660, karena teknologi dan generasinya lebih baru.

Untuk ATI/AMD tidak jauh berbeda, angka pertama generasi, kedua kasta, ketiga kasta lanjutan, ke empat kasta lanjutan kedua. Pusing??? Ya, saya juga. Intinya

74XX < 75XX < 76XX < 77XX < 78XX < 79XX
(makin kekanan, makin cepat)

Misalnya 7770, pastilah lebih lambat dari 7850.
Untuk penjelasan kasta lanjutan pun sama saja,misal :

7750 < 7760 < 7770 < 7780 < 7790

Misal, anda jatuh hati dengan VGA ATI/AMD, dan ada 2 pilihan ,misal 5850 dan 5950, pilih 5950.(angka kedua lebih besar = lebih cepat)
Namun apabila pilihan nya adalah 5850 dan 7850, pilih 7850 karena generasi dan teknologi lebih baru.

Demikian, semoga bermanfaat

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: