N-Gage – Pelopor “Hardcore” Mobile Gaming

Well, bagi kalian yang belum tau sama N-Gage, N-Gage adalah handphone fenomenal yang dibuat sama perusahaan telekomunikasi asal Findlandia yaitu Nokia.

kalo boleh ngomong nih, N-Gage sebenernya bisa dibilang “awal” dari era “mobile gaming” yang sekarang dikuasai sama Android dan iOS, gimana engga’?? disaat HP-HP lain pada masanya cuma bisa main game java dan game symbian yang ga seberapa “kualitas” nya, tiba-tiba N-Gage lahir dengan game-game yang belum pernah ada di para pendahulunya.

sebenernya, apasih spesialnya game-game N-Gage???? mungkin sebagian orang berpikiran kaya gitu, tapi asal kalian tau, game N-Gage itu hampir semuanya bertipe “Hardcore” atau yang artinya mainnya susah, rumit, perlu neken tombol banyak-banyak, butuh kesabaran dan ketepatan tinggi, dan yang paling penting tamatnya ga bisa cuma sehari, apalagi sekali main……

Begitu “Hardcore” nya sampe-sampe ada yang tamatnya bisa berbulan-bulan, jauh beda sama game-game di HP lain masa itu yang tamatnya cuma makan waktu sehari(apalagi game java, tamat cuma sejam juga bisa), selain game yang “Hardcore”, grafis di N-Gage juga paling oke dijamannya, bisa dibilang “Wah Banget” ibarat orang, selama ini disuguhin sama gamebot(taukan, yang gambarnya kotak-kotak item putih itu loo) tiba-tiba disuguhin PS2…..

Genre game yang dibawa pun beragam, ada racing, strategy, adventure, bahkan portingan game PS1 pun ada, contohnya Sonic sama Tomb Raider.

Sayangnya HP sebagus ini masih dianggap “aneh” pada jaman nya, selain desainnya yang “aneh” posisi nelpon nya pun aneh(pada N-Gage Classic, nokia udah ngebenerin ini di N-Gage QD), alhasil , ni HP gagal total, dan penjualannya pun amat sangat mengecewakan, so Nokia pun mengentikan penjualannya, bahkan setelah HP ini direvisi menjadi N-Gage QD penjulannya tetap gagal.

Posisi nelpon yang aneh

Selain karena penjualaanya yang gagal, ide nokia akan toko & portal game online pun gagal total karena pembajakan, alhasil game yang harganya mahal itupun menjadi gratis tis tisss di internet, sebenernya mahal pun gapapa, karena memang berkkualitas dan lama tamatnya.

dunia mobile gaming saat ini harusnya berterimakasih sama N-Gage, karena N-Gage lah yang membesarkan studio game ternama semacam gameloft(tanpa N-Gage, gameloft gak akan berpengalaman membangun game-game besar dan rumit), dan di N-Gage inilah lahir game racing yang semua orang tau, yaitu Asphalt.

Asphalt 1 – N-Gage

Asphalt 7 – iOS & Android

tanpa N-Gage, mungkin sekarang ini kita hanya disuguhi game semacam TETRIS HD, Snake HD, dan game-game sederhana lainnya…..

Tagged: , , , ,

3 thoughts on “N-Gage – Pelopor “Hardcore” Mobile Gaming

  1. ipanase October 20, 2013 at 6:29 pm Reply

    nah,,, aku dulu juga pernah pinjem ini😀

  2. Gadget May 4, 2014 at 7:20 pm Reply

    setahuku nokia n-gage qd fiturnya lebih dikit dari n-gage classic

    • rakainfantri July 3, 2014 at 11:34 am Reply

      Emang lebih dikit, tapi kan lebih baru, bisa dibilang penerusnya n gage classic, tapi fiturnya malah dipangkas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: