Spesifikasi Ideal Gadget Android

Sebelum ke inti permasalahan, saya mau share sedikit tentang pangalaman saya menggunakan Android.

Android pertama saya adalah Samsung Galaxy Ace, perlu diketahui, spek dari SGA(Samsung Galaxy Ace) ini adalah :
Prosesor 800Mhz
RAM 278MB
GPU Adreno 200
Layar 3,5″ 320×480 pixel
Overall sebenarnya saya cukup puas dengan HP saya yang satu ini, spek nya sendiri terbilang “cukup”, waktu itu saya sempat terkagum kagum waktu memainkan game Need For Speed : SHIFT, karena saya tidak menyangka bahwa benda “sekecil” itu mempunya “Computing Power” sebesar itu.

Lalu waktu berlalu, saya mulai kenal “custom ROM“(penjelasan custom ROM nanti akan saya buat), script init.d, overclock, benchmark dan saya sempat terobsesi dengan benchmark……lalu saya install cusrom(custom ROM) di SGA saya, cusromnya sendiri adalah Cyanogen Mod 7, plus saya install kernel Overclok. Efeknya??? Tentu si SGA semakin responsif, dan manajemen sumberdaya(RAM) juga semakin baik, saat saya cek di task manager, sisa RAM yang free rata-rata berada di angka 130MB.

Lalu waktu berlalu, saya ingin HP yang bisa merekam video HD, lalu pilihan saya jatuhkan ke LG Optimus Black, adapun spek dari si OB(Optimus Black) adalah sebagai berikut:
Prosesor 1Ghz
RAM 512MB
GPU PowerVR SGX 530
Layar 4″ 480×800 pixel

Alasan saya memilih HP ini adalah selain video HD nya, layar nya juga lumayan, dibandingkan opsi lain yang saya miliki waktu itu(Sony Xperia Ray). Dan lagi-lagi, pada saat saya melihat sisa RAM pada task manager, sisa ram berada di kisaran 130-150MB.

Dan pagi ini, saya iseng meminjam Galaxy Note milik teman saya, dan saya cek di task manager, sisa ram nya juga sama, yaitu 130-150MB(Padahal RAM nya 1GB loooo).

Memang, RAM dan prosesor adalah hal penting pada sebuah gadget Android, tidak perduli gadget tersebut adalah tablet, telepon seluler, phablet, atau hanyalah sebuah pemutar media layaknya iPod touch keluaran Apple.

Dalam kasus “free RAM” yang saya alami diatas, tentu saja mumcul pemikiran, “kok bisa??? Kesannya kok berapapun besar RAM nya tapi sisanya 150an MB????”

Jawaban logis kenapa sisa RAM ketiga gadget diatas bisa sama adalah karena perbedaan “keadaan”

Si SGA saat itu saya install cusrom yang memang ringan dan manajemen RAM nya baik, lagipula cusrom nya Gingerbread(terkenal versi OS android paling ringan dan handal) , makanya sisa RAM nya termasuk lega(hampir setengahnya)

Sementara si OB saat itu memakai ROM ICS bawaan pabrik yang memang manajemen ram nya kurang baik, selain itu ada beberapa aplikasi bawaan pabrik yang “auto start” sehingga bersemayam di ram bahkan ketika aplikasi tersebut tidak dijalankan, selain itu, ICS memang lebih memakan sumber daya dibanding Gingerbread.

Dan si galnot(Galaxy Note), selain menggunakan ROM Jelly Bean yang memang lebih memakan RAM(lagi, dibanding ICS) hp teman saya ini sudah terinstall banyak aplikasi yang sifatnya “auto start“, sehingga semakin sedikit sisa RAM yang tersedia.

Kembali lagi ke judul, Bagaimanakah Spek Ideal Gadget android??? Untuk ukuran jaman sekarang lo. Dan ideal disini bukan berarti lebay, tidak juga kurang, artinya yaaaa, pas lah. Dan berdasarkan hasil observasi saya pribadi, saya menemukan hasil yang menurut saya paling “pas”. Yaitu :

Layar minimal 3,5″
RAM 1GB
Prosesor Dualcore 1Ghz

Disini akan saya berikan alasannya.

Pertama, kenapa layar harus 3,5″ keatas??, simpel saja, karena menurut saya layar 3,5″ kebawah itu akan menyulitkan pengguna pada umumnya, saya berpendapat demikian karena sewaktu saya sedang “hands on” Sony Xperia Ray, yang notabene memiliki layar 3,3″(hanya terpaut 0,2″ dari SGA) saya langsung kesulitan dalam mengetik teks, tentunya hal ini sangat penting, karena hampir semua kegiatan yang kita lakukan menggunakan smartphone pasti berhubungan dengan mengetik, misalnya : memasukan password wifi, mencari di google, mengetik alamat web, dan lain lain. Sungguh sayang apabila RAM dan Prosesor memadai, tetapi mengetik saja sulit. Dan teori saya akan ukuran layar ideal 3,5″ ini didukung oleh desainer Apple, liat aja, ga ada kan iPhone yang layarnya dibawah 3,5″??? Itu karena desainer Apple tentu telah mensurvei dan meneliti hal tersebut.

Yang kedua adalah besaran RAM minimal, yaitu 1GB. Kenapa saya bisa mematok ukuran 1GB sebagai ideal??? Karena jujur saja, 512MB itu sangat kurang. Sebagai contoh, coba lihat Smartfren Andromax i(generasi pertama) dimana kasusnya adalah prosesor yang mencukupi(dualcore 1Ghz) tetapi kapasitas RAM nya hanya 512MB, teman saya ada yang memiliki HP ini, dan baru diisi aplikasi yang bisa dibilang sedikit, sudah terjadi LAG, di task manager saya cek, sisa RAMhanya  berksar 80MB, disini saya bukan bermaksud sok tahu, hanya saja dari pengalaman yang saya temui, LAG yang terjadi memang karena aplikasi yang sifatnya “always on” misalnya client chatting, launcher(home app) sedang berebut RAM, bayangkan seandainya anda sedang browsing, kemudian ada sms masuk, kemudian anda membalas sms tersebut, dan saat anda kembali membuka browser, alamat yang tadi anda buka ter-“reload” dengan sendirinya(hal ini terjadi saat anda membuka menu sms, web browser terpaksa ditutup untuk memberi ruang pada menu sms yang sedang anda buka, belum lagi keyboard yang muncul saat anda mengetik sms balasan, tentu juga semakin mengurangi jatah RAM) tentu akan sangat menjengkelkan.

Yang ketiga adalah prosesor dualcore, kesimpulan ini saya dapat sendiri ketika menggunakan OB saya untuk browsing, dimana OB scrolling halaman web nya kurang mulus, sedangkan Smartfren Andromax i teman saya mulus sekali scrollnya. Alangkah menjngkelkannya, bahkan scroll halaman web saja tidak bisa mulus……sungguh terlalu.

Saya rasa hanya itu saja, selebihnya anda bisa memilih sendiri, antara lain ketajaman layar, sensitifitas layar, baterai, dan lain lain, artikel ini hanya sebagai acuan dasar saja, apabila anda ingin memiliki gadget yang “tidak membuat anda menunggu loading” he he he

Semoga berguna…..

Tagged: , , , , , ,

6 thoughts on “Spesifikasi Ideal Gadget Android

  1. yoga July 27, 2013 at 11:29 am Reply

    samsung galaxy young s6310 sudah ada di indonesia belum

    • rakainfantri July 27, 2013 at 5:48 pm Reply

      udah ada kok bro, ni di toko bagus aja udah ada m.tokobagus.com/search/details?id=26964176&phrase=galaxy+young&page=1&opt=1&int=1&ph=galaxy+young&catid=0

  2. yoga September 19, 2013 at 2:12 pm Reply

    samsung galaxy young s6310 kuat ngak kalo buat main pes 2012

  3. hanif December 26, 2013 at 5:47 am Reply

    kalau galaxy s3 mini

  4. irfan blacker May 10, 2015 at 11:07 am Reply

    gan saya mo nanya.klo samsung galaxy v ram nya kn 512 mb..trus kok nyata nya dicek cuma 460 mb total ny..knp.

Leave a Reply

