Review App : BBM

Ga mungkin diantara pembaca sekalian ada yang tau sama BBM…..itu loh Bahan Bakar Minyak BlackBerry Messenger…….sebenernya si, review ini bisa dibilang ga perlu, lah temen saya yang (maaf) gaptek aja bisa make nya kok…..tapi tetep, apapun yang terjadi entah kenapa saya tetap ingin mereview aplikasi ini….
Pertama-tama, download dulu di playstore aplikasinya(saya yakin pembaca udah download semua) tenang aja, aplikasinya gratis kok seperti biasa…..he he he

Oh iya, aplikasi ini cuma bisa di android versi 4.0 keatas(Ice Cream Sandwitch ke atas) dan butuh prosesor arm v7. Dan aplikasi ini tidak kompatibel untuk tablet setidaknya itu lah kata orang tua playstore, tapi mash bisa diakali dengan mendownload file installernya secara manual(silahkan cari di google)

image

Tidak kompatibel di Galaxy TAB2 P3100 milik saya

Ketika BBM aktif, akan ada pemberitahuan bahwa BBM telah aktif di area notifikasi. Walaupun notifikasi yang amat sangat menggangu ini dapat dimatikan, saya tidak menyarankan, karena memperbesar kemungkinan BBM akan ditutup oleh sistem Android ketika OS sedang kekurangan RAM

image

Kesan pertama yang saya dapatkan adalah…..mirip BBM di BlackBerry OS10…..
Begitu dibuka dalam kondisi normal, akan langsung tampil daftar obrolan terakhir.

image

Percakapan paling atas sengaja disensor

Kemudian ketika tombol opsi kanan(icon garis2 di pojok kiri bawah, akan tertampil menu-menu umum yang sebenarnya sudah diwakili oleh icon-icon disebelahnya, kecuali menu recent updates(pembaruan)

image

Ada lima sub menu yang bisa dipilih, diantaranya obrolan, kontak, grup, pembaruan, undangan. Menu obrolan sudah bisa dilihat penampakannya di gambar sebelumnya, kali ini langsung saja kita intip bagaimana tampilan percakapan aplikasi ini…..

image

Ada menu undang untuk mengundang pihak lain ikut nimbrung obrolan anda, ada pilihan attachment untuk berkirim file dan ada tombol menu lagi di pojok kanan bawah, tak ketinggalan tombol smileys di atas tombol menu. Hampir saja lupa, jika anda berniat mengirim gambar resolusi tinggi, sebaiknya lupakan saja, karena BBM akan menurunkan kualitas dan resolusinya.

Tampilan chat nya sendiri biasa saja, berkesan kaku dan formal, padahal saya sebenarnya berharap tampilannya bisa mengikuti standar Android, atau paling tidak agar berbeda dari tampilan BB OS10.

image

Ternyata disini terdapat menu ping, dan simpan obrolan, terus ada lagi menu attachment lah, kan pas tampilan chat biasa tadi udah ada????

image

Pilihan smiley's

Terdapat pilihan emoticon yang bisa diakses dengan menekan tombol bertanda smile disebelah kotak untuk menulis percakapan, pilihannya lumayan dan cukup berguna untuk menghemat waktu.

image

Aku hampaaaa

Jika kita me”mencet” tombol nama orang yang sedang kita ajak chat, akan tertampil profil facebook orang tersebut, tampilannya sangat sederhana, dan menurut saya layout nya kurang memanfaatkan besarnya layar, terlihat dari button yang terlalu kecil dan kesan “hampa” di tengah-tengah layar.

Beralih ke menu lain yaitu menu kontak, defaulnya kontak akan tertampil dalam susunan tiles kotak-kotak seperti ubin lantai, namun bisa diubah menjadi bentuk list melalui pengaturan.

image

Tampilan kontak tile

image

Tampilan kontak list

Di BBM untuk android ini belum saya temui opsi untuk mengelompokan teman sesuai kenginan kita, ya setigkat dibawah BBM asli untuk perangkat BlackBerry lah…….

Kemudian ada menu group, dari namanya saja sudah ketahuan, bahwa menu ini digunakan untuk chat secara berjamaah berkelompok, saya belum bisa bicara banyak disini, karena saya sendiri tidak belum tergabung dengan kelompok manapun.

image

Selanjutnya ada menu pembaruan, disini kita bisa melihat orang-orang ngalay jablay ria pembaruan dari orang-orang yang telah berada di dalam kontak kita, pembaruan itu bisa jadi status, pergantian foto, lagu yang sedang didengarkan, dan lain-lain

image

Dan terakhir ada menu undangan, disini kita bisa melihat “permintaan pertemanan” yang harus kita setujui, atau “permintaan pertemanan” dari kita yang orang lain tidak akan pernah mau belum menyetujuinya.

image

Contoh "permintaan pertemanan" yang datang dari orang lain

Lalu ada pilihan menginvite orang lain, bisa menggunakan pin,email,sms atau dengan men-scan barcode.

image

Dan taklupa, aplikasi ini dapat menampilkan barcode anda sendiri, lalu anda bisa pamerkan upload di friendster facebok, twitter, instagram, bahkan path

Kesimpulan :
Sebenarnya hampir tidak ada hal baru yang ditawarkan oleh BBM ini, aplikasi chatting sejenis misalnya Whatsapp maupun Line sudah memiliki fitur yang hampir sama baiknya atau bahkan lebih baik. Satu satunya fitur berharga dari aplikasi ini adalah kemampuan menghubungkan anda dengan “teman” anda yang menggunakan perangkat BlackBerry, namun apa yang terjadi apabila anda tidak memiliki teman yang menggunakan perangkat BlackBerry???

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: