Mitos “GUOBL*K” Seputar Komputer & IT

Sebelumnya saya mohon maaf kalo judul tulisannya sedikit menyinggung dan juga kasar serta halus, hanya saja saya audah tidak tahan lagi untuk menulisnya, tujuan saya menulis tidak lain adalah untuk meluruskan hal yang “menyesatkan” agar tidak merugikan orang lain. Sebenarnya saya juga heran, dari mana sebenarnya muncul mitos-mitos aneh bin tidak masuk akal serta dengkul ini. Oke, tanpa membuang waktu, ayo kita bahas satu persatu beberapa mitos aneh seputar komputer

1. Fenomena Intel-nVidia & AMD-ATI
Saya juga tidak tahu pasti siapa yang memulai pemikiran seperti ini, kecurigaan saya mengarah ke sebuah situs konyol ini. Mitos ini adalah pemikiran bodoh dan tidak ada dasarnya sama sekali, tidak bisa ditinjau dari ilmu ilmiah apapun kecuali ilmu marketing, coba anda pikirkan, apa yang mungkin terjadi ketika anda mengabungkan dua merk yang berlainan dalam satu sistem komputer? Jawabannya TIDAK ADA! komponen yang berjalan baik, akan menambah performa komputer anda, entah dari merk apapun. Kalaupun mitos seperti ini benar, lantas mengapa produsen laptop ada yang menggunakan prosesor Intel dan VGA ATI/AMD???, saya tentu lebih percaya kepada insinyur produsen laptop ketimbang tukang jualan Hardware komputer atau teman yang sok tahu.

image

Apakah perancang laptop ini bodoh??? Tentu tidak.

2. Intel Lebih Bagus Dari AMD
Sama seperti mitos pertama, entah siapa yang menulis hal konyol seperti ini. Sekali lagi, buat komparasi yang fair, jangan membandingkan AMD seri lama dengan Intel seri baru. Kebanyakan orang-orang IT ortodok selalu beranggapan Intel lebih bagus dari AMD, padahal untuk produk kelas mid-low AMD adalah pilihan yang bisa dibilang lebih baik. Misalnya saja pada netbook, netbook yang berprosesor AMD biasanya lebih kuat dibanding yang menggunakan Intel atom dalam hal grafis, tentu ini adalah nilai plus, dan membuktikan mitos ini tidak valid lagi.

3. AS*S = awet , AC*R = Cepat rusak
Biasanya hal ini sering diungkapkan pada saat berdiskusi mengenai laptop. Tentu mitos seperti ini tidak ada benarnya sama sekali, produsen sekelas dunia tentu sudah mempertimbangkan seluk beluk produk yang mereka jual. Tidak ada merk yamg cepat rusak, kemungkinan mitos ini terbentuk karena AC*R adalah merk paling laku, sehingga presentase produk yang masuk service center juga tinggi, dan juga orang awam yang tidak mengerti cara merawat laptop(yang mengunakan laptop datas kasur) juga hanya tahu merk laptop ini, sehingga service center laptop merk ini penuh oleh laptop yang overheat(karena digunakan diatas kasur) semakin ramai service center maka anggapam cepat rusak pun mulai tumbuh di otak masayarakat.

4.Menginstall Antivirus lebih dari 1
Entah mengapa kebanyakan user komputer di indonesia melakukam hal ini, padahal antivirus termasuk program yang memakan resource “lumayan” besar(bahkan yang mengklaim paling ringan sekalipun seperti SMAD*AV) menginstall lebih dari satu antivirus tidak akan mengatasi masalah apapun kecuali hanya menambah beban pada komputer, hal yang seharusnya dilakukan adalah menginstall antivirus yang lebih baik.
Tambahan : bagi pengguna Windows 8 keatas(yang original), sebaiknya tidak menginstall antivirus apapun, karena ada antivirus bawaan yang sudah cukup AMPUH yang bernama Windows Defender, cukup anda update Windows secara berkala agar database antivirus tersebut terupdate juga secara otomatis.

5. Mahasiswa IT = Tukang Servis
Satu lagi anggapan yang salah kaprah, mahasiswa IT TIDAK PERNAH DIAJARKAN cara membongkar laptop/PC, ataupun menginstall ulang OS, atau hal – hal yang berkaitan dengan servis/maintenance barang elektronik, jadi belum tentu mahasiswa tersebut mampu memperbaiki barang elektronik anda yang rusak.

Sepertinya cukup sekian artikel kali ini.
Kalau pembaca sekalian mempunyai mitos-mitos lain, boleh ditulis di kolom komentar, mungkin nanti akan saya masukan kedalam artikel.

Tagged: , , , , , , , , ,

4 thoughts on “Mitos “GUOBL*K” Seputar Komputer & IT

  1. syahroni November 19, 2013 at 4:28 pm Reply

    ASUS = Awas SUsah Servisnya.
    ACER = Awas CEpet Rusak

    • rakainfantri November 19, 2013 at 9:36 pm Reply

      he he he, iya nih service center as*s di tempat saya juga “nyusahin”, masa saya tanya berapa harga charger laptop dijawab 1,2 juta. laptopnya sendiri harganya 4 juta.

  2. Enigma April 7, 2014 at 1:15 pm Reply

    Nvidia lebih baik dibandingkan AMD, padahal belum tentu!!

    • rakainfantri April 7, 2014 at 11:27 pm Reply

      Nah….mitos juga nih…sip lah…nanti saya update

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: