Cara Memperlakukan Laptop Yang Baik Dan Benar

Diantara pembaca sekalian pasti ada yang memiliki tanktop laptop tentunya, ga tau laptop??? Notebook deh, tau kan sekarang???. Nah, diantara pembaca sekalian pasti masih ada yang belum tau cara memperlakukan laptop yang baik dan benar. Tidak seperti saudara sekandung nya yaitu komputer tanktop desktop yang bisa dibilang tidak membutuhkan perlakuan mesra ekstra, laptop pada umumnya cenderung rapuh.

Lah, rapuh gimana?? Laptop AS*S punya ane baik-baik aja nih udah 4 tahun pemakaian baik-baik aja nih…

Tetap saja, se awet-awet nya barang tersebut di klaim oleh pabrikan, akan lebih baik kalau dirawat kan???

Nah, berikut ini kita bahas sama-sama hal apa saja yang DIREKOMENDASIKAN dilakukan dan yang JANGAN dilakukan terhadap laptop, untuk memaksimalkan fungsi dan usia laptop itu sendiri.

Mari kita mulai dengan apa saja yang JANGAN dilakukan terhadap laptop kesayangan

1. Melepas batere saat menggunakan laptop dengan charger terpasang.
Hal ini sangat sering dilakukan oleh orang yang tidak berpendidikan berpengalaman dalam menggunakan laptop, dan ketika ditanyai perihal mengapa dia melepas batere, maka akan muncul alasan klise yaitu “memperpanjang umur batere”, hal ini disisi lain benar, namun disisi lain juga salah. Pernahkah pembaca terpikir betapa sensitifnya komponen-komponen dalam laptop terhadap perubahan tegangan listrik yang tiba-tiba, saya sendiri sudah banyak menyaksikan hancurnya mainboard laptop teman-teman saya akibat kegiatan ini, kronologinya : teman saya bermain game dengan charger terpasang namun batere dilepaskan, lalu tiba-tiba listrik padam, dan padamlah laptop itu untuk selamanya. Sekali lagi saya ingatkan, kegiatan bodoh semacam ini sangat berbahaya, mainboard seharga 2 juta tidaklah sebanding dengan harga cabe batere yang hanya berkisar ratusan ribu.

2. Menggunakan laptop di atas kasur/sofa/taplak.

image

Lubang Ventilasi

Bisa dibilang kebiasaan ini adalah 90% penyebab kerusakan laptop, kronologi nya simpel, anda mau online pake laptop, tapi pengen santai juga, alhasil online pake laptop sambil tidur-tiduran.

Lah, bahayanya apa coba????

Sekarang coba perhatikan laptop anda sendiri(kalo punya), bukankah dibagian bawah dan di sisi(bisa sisi kanan, kiri, depan ataupun belakang) pasti ada lubang-lubang ventilasi, guna lubang-lubang ini sendiri adalah untuk jalur keluar-masuk udara yang menghantarkan panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen laptop, baik prosesor, RAM, maupun GPU.

Nah….terus kenapa??? Apa hubungannya sama kasur coba????

Kasur/sofa/taplak yang cenderung lembut(kasur saya sih lembut ya, ga tau deh kasur pembaca gimana) tentu akan menerima tekanan dari bobot laptop, dan akhirnya permukaan kasur akan turun mengikuti kontur bentuk kaki-kaki laptop anda, dan pada akhirnya, lubang ventilasi yang kita bahas tadi akan tertutup oleh permukaan kasur. Kerusakan yang ditimbulkan??? Rata-rata sih overheat, sampai mainboard gosong.

Nah, sekarang ayo kita bahas hal-hal yang DIREKOMENDASIKAN untuk memperpanjang umur laptop dan meningkatkan fungsionalitas dari laptop.

1. Lebih baik “Sleep” dari pada “Shutdown”

image

Bagi anda yang tingkat ketergantungan terhadap laptop sangat tinggi(misalnya mahasiswa, dosen dan “Businessman”), ada baiknya anda mempertimbangkan opsi Sleep ketimbang Shutdown.
Apa bedanya Sleep dan Shutdown???
Sleep
Komputer akan “menyimpan” semua proses dan task, laptop akan terlihat “mati” tetapi sebenarnya RAM dan port USB masih dialiri listrik, sehingga ketika anda menghidupkan kembali laptop anda, semua program aplikasi yang anda buka sebelumnya tidak tertutup, dan proses booting/startup akan berlangsung cepat, sebab isi dari RAM tidak hilang(karena RAM masih dialiri listrik) sehingga laptop tidak perlu me-load ulang sistem operasi.
Shutdown
Siangkatnya, laptop benar-benar dimatikan.(saya kira tidak perlu dijelaskan lebih lanjut)

2. Terus “Charge” laptop anda.
Maksudnya disini adalah ketika pembaca sedang menggunakan laptop dengan posisi charger terpasang, ada baiknya pembaca tidak melepas charger tersebut meskipun indikator batere laptop menunjukan bahwa batere laptop sudah penuh.

Lah, kalo ga dicabut nanti batere bisa soak karena overcharge??? Nanti bisa meledak juga katanya????

Eits, kata siapa coba??? Pembaca tahu? Kalo di dalam laptop sudah ada mekanisme “pemutus” aliran ketika batere sudah penuh, jadi, ketika batere sudah penuh, aliran listrik dari charger ke batere akan dihentikan, sehingga tidak ada lagi istilah “overcharge”. selain itu pembaca tahu apa yang membuat umur batere pendek?? Yaitu kebiasaan “charge-discharge” atau bahasa Indonesianya colok-cabut, masih belum ngerti? Ni saya kasih penjelasan simpelnya aja ya, batere, semakin sering di cas(charge) maka akan semakin besar kemungkinan batere drop. Oleh sebab itu, sebisa mungkin, apabila posisi laptop pembaca sudah tercolok ke adapter, sebisa mungkin tidak usah dicabut.

Saya sendiri sudah mempraktekan cara ini dan batere laptop saya yang sudah berumur 4 tahun masih bisa bertahan selama 2 jam, sebuah angka yang “lumayan” menurut saya, karena laptop-laptop lain yang seangkatan, baterenya hanya bisa bertahan 10 menit.

3. Memindahkan Laptop Dalam Keadaan Hidup
Hal ini sebenarnya bersifat relatif, artinya apabila anda memindahkannya dengan lembut maka bisa di toleransi, yang saya maksud disini adalah memindahkan dengan jarak yang jauh, misalnya sampai anda bawa menuruni tangga, maka hal ini sangat saya tidak rekomendasikan.

Lah, emang kenapa??? Laptop kan dibuat supaya bisa mobile kemana-mana???

Iya, saya juga tahu hal itu, saya beri penjelasan dulu ya. Didalam laptop kan ada harddisk, harddisk adalah tempat penyimpanan yang cara kerjanya ada sebuah “jarum” pembaca yang menempel di lempengan yang berputar, bisa dibilang mirip pemutar lagu yang menggunakan piringan hitam.

image

Sekarang coba pembaca bayangkan, ketika jarum tersebut sedang mesra-mesranya menempel dengan piringan yang berputar, tiba-tiba laptop anda terguncang ketika anda sedang menuruni tangga, dan secara tidak sengaja jarum tersebut bergeser dan menggores piringan yang berputar tadi di tempat yang tidak seharusnya. Kemungkinan Harddisk rusak sangatlah besar, tetapi hal ini tidak perlu pembaca risaukan apabila laptop pembaca sudah menggunakan SSD dan tidak menggunakan Harddisk konvensional lagi.

Hayoo…..sudahkah pembaca memperlakukan laptop dengan baik????

7 thoughts on “Cara Memperlakukan Laptop Yang Baik Dan Benar

    • rakainfantri March 16, 2014 at 2:07 pm Reply

      Makasih masbro…cuman sharing berdasar pengalaman aja

      • RPMspeed March 16, 2014 at 7:42 pm

        siip

  1. rizal April 14, 2014 at 11:54 pm Reply

    saya ada laptop acer aspire 4736z yang mengalami black screen.aq search kat google n aq dapati bios dia mungkin yang korup atau rosak jd aq buatlah persiapan nak flash bios guna pendrive tp bila aq nk tekan fn esc dan butang on skrin trus jadi putih.apa masalahnya tu.tolong bantu?

  2. ojid031095 July 14, 2015 at 4:41 am Reply

    Reblogged this on Lentuk.com and commented:
    Cool Stuff

  3. […] Cara Memperlakukan Laptop Yang Baik Dan Benar. […]

  4. Rantshade January 6, 2016 at 10:53 am Reply

    Jadi gw memperlakukan laptop gw selama ini salah yaa? Mending di sleep daripada di shutdown sama di charge terus. Okay thanks tipsnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: