Jangan Pernah Bongkar Hard Disk!!!!!!!

Kesalahan memalukan konyol ini awalnya terjadi karena rasa penasaran saya yang amat sangat besat seperti gunung Pamela Safitri Everest, cerita ini bermula karena laptop saya yang usianya sudah kendor tua mengalami kerusakan Hard Disk/Hard Drive yang memaksa saya untuk menggantinya. Alhasil setelah saya ganti, saya jadi punya sebuah Hard Drive ukuran 2,5″ yang menganggur(yang sejatinya apabila saya tidak melakukan kesalahan bodoh ini masih bisa digunakan sebagai Hard Drive eksternal).

Dengan semangat 69 45 dan hanya bermodal obeng “biasa” saya mencoba untuk membuka Hard Drive tersebut dan setelah terbuka saya bergumam “oh, jadi begini ya isi dari sebuah harddisk itu”.

Kira-kira beginilah penampakannya

Hanya mulustrasi ilustrasi, walaupun bukan foto aslinya tapi sangat mirip, bahkan detail karet penghapus warna kuning tempat “Head” bersandar pun sama.

dan sebagaimana layaknya orang dusun awam yang pengetahuannya pas-pasan, setelah puas memandangi jeroan Hard Drive tadi saya memutuskan untuk menyatukan kembali harddisk yang telanjang tersebut dengan bajunya, mudah kok kan cuma pasang cover dan kencangkan baut saza(saja).

oh iya saya lupa cerita kalo saya dipinjami semacam “caddy/konverter/enclosure” untuk merubah harddisk internal menjadi harddisk eksternal.

Walaupun ga sama tapi ginilah kira-kira bentuknyaOke, baut sudah kencang, sekarang colokan Hard Drive ke Konverter. dan begitu colok ke USB port laptop dddaaaannnn…..JUANCOKKK kenapa keluar bunyi yang mengerikan ya??? kaya kapur kegesek papan tulis gitu, hati pun was-was gundah gulana merana dan tersiksa.

Dan benar saja, rasa penasaran itu mahal harganya. akhirnya saya mendapat pencerahan dari video ini

Untuk yang males buffer(padahal buffer aja, ga ada ruginya. malah nambah pengetahuan) : jadi setiap harddisk itu, baut-baut yang menempel sudah ada “tekanan” tertentu yang diberikan mesin perakit pada masing-masing pabrik. dan dalam kasus saya(Hard Drive buatan western digital) tekanan baut yang digunakan adalah 0.5 Nm CMIIW(Correct Me If I’m Wrong), salah tekanan sedikit saja head tidak menempel pada plate dan Hard Drive tidak akan bekerja. dan apakah bisa di “kira-kira” saja tekanan tersebut menggunakan tangan kosong??? lupakan saja, karena saya sudah menghabiskan waktu semalaman suntuk mencobanya.

Tagged: , ,

Leave a Reply

